Selasa, 21 September 2010

Apabila hendak menyalin teks berikut, mohon sertakan dengan SUMBERNYA.

NEW YORK, - Cuaca yang tidak mendukung tak pelak membuat anak-anak rentan terhadap penyakit yang menyerang pernafasan seperti batuk atau pilek. Namun, berhati-hatilah, karena menurut penelitian terbaru, anak yang terkena sejenis virus penyebab pilek (cold) berisiko mengalami obesitas atau kegemukan saat menginjak dewasa.

Kajian para ahli dari University of California di  San Diego Amerika Serikat menunjukkan, infeksi sejenis virus pada anak dapat memicu obesitas. Virus tersebut dapat menyerang sel-sel lemak sehingga membuat sel-sel memperbanyak diri.

"Virus yang menyebabkan batuk dan pilek dan menyebarkan lewat tangan kotor ini juga bisa menyerang sel-sel lemak dan menyebabkan mereka berkembang biak. Peningkatan ini dapat memicu penambahan berat badan yang signifikan," kata salah satu peneliti, Dr Jeffrey Schwimmer.

Dalam kajiannya, para ahli memeriksa 124 anak berusia 8-18 tahun untuk melihat perkembangan antibodi mereka setelah sistem imunnya diinfeksi adenovirus 36.

Hasilnya menunjukkan, antibodi hanya ditemukan pada 15 dari 67 anak-anak obesitas. Sedangkan pada kelompok non-obesitas, hanya ditemukan 4 dari 57 anak. Selain itu, anak-anak yang pernah terkena virus ini berat badannya rata-rata lebih tinggi 23 kilogram dibanding anak yang tidak terserang virus.

Para ahli tidak dapat memastikan apakah fenomena virus ini dapat menjelaskan pemicu epidemi obesitas di negara-negara barat ketika dikaitkan dengan faktor-faktor lain seperti olahraga dan pola makan yang buruk.

Namun, Dr Jeffrey  memuat risetnya dalam Jurnal Pediatrics menyatakan, "Ini adalah waktu yang tepat bagi kami untuk mengembangkan tingkat pemahaman yang lebih baik untuk mendukung upaya pencegahan maupun pengobatan dibanding sekedar menyalahkan virus tersebut. Data-data ini menambah bukti bahwa infeksi dapat menjadi penyebab atau kontributor untuk obesitas, " lanjut Dr. Schwimmer.(KOMPAS.com)

0 komentar:

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Terima Kasih Banyak Sudah Berpartisipasi Mengkik Iklan Dibawah Ini!

Berkah Herbal Banner 11